Selasa, 16 Maret 2010

LIPUTAN PERESMIAN LPB TOPPAMA

PT Pamapersada Nusantara (PAMA) sudah berkarya lebih dari 16 tahun di tanah air. Pada usia yang masih belia, pasang surut dunia usaha telah dilalui dengan penuh keyakinan, optimisme, dan kebersamaan. Salah satu kunci keberhasilan PAMA dalam menjalankan bisnisnya sampai sekarang adalah dengan menjalankan prinsip Triple Bottom Line. Dimana prinsip ini berusaha fokus pada keseimbangan antara kinerja ekonomi, kinerja lingkungan, dan kinerja sosial, sehingga kesinambungan bisnis dapat terjaga.

PAMA sangat concern dalam melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dimana salah satu program yang telah berlangsung dengan baik adalah pengembangan ekonomi masyarakat. Dalam kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat, PAMA sebagai salah satu bagian dari Astra telah menjalin kerjasama dengan Yasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) sejak tahun 2004 untuk membantu sektor-sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah memberikan keterampilan kepada masyarakat agar mampu memaksimalkan potensi sumberdaya daerah sehingga bisa tercipta perekonomian yang berbasis pada masyarakat.

Peresmian diawali dengan mamapas (ruwatan), potong pantan dan tari giring-giring oleh masyarakat dayak Buhut Jaya pada tanggal 20 Januari 2010. Peresmian kantor Lembangan Pengembangan Bisnis (LPB) yang diberi nama “LPB TOPPAMA” peresmian dilakukan oleh Kepala Dinas Perindrustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Kapuas Bapak Punding Timbung ditandai dengan pembukaan kain selubung papan nama LPB TOPPAMA dengan penguntingan pita. Pada acara peresmian tersebut hadir Camat Kapuas Tengah, Kapolsek Pujon, Koramil Pujon, Damang Kapuas Tengah, Tokoh masyarakat, Kepala desa Buhut Jaya, Mine Operational Manager TOP Bapak Iswanto WS, Wakil Pengurus YDBA Bapak Erwin Mardjuni, Manager YDBA Bapak Mohammad Iqbal, CD Deptement Head TOP Bapak Karsim Wiryameja, CSR Departement Head PAMA Bapak Maidi Irvan, HRGA Departement Head Bapak Heru Santoso, Engenering Departement Head Bapak Kukuh D.S.

Berdirinya LPB TOPPAMA merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap kegiatan pengembangan masyarakat di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Nama LPB TOP-PAMA berasal dari penggabungan dua perusahaan inisiator yaitu PT Talen Orbit Prima (TOP) dan PT Pamapersada Nusantara (PAMA). Di harapkan keberadaannya bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan merupakan salah satu asset bagi pemerintah Pemerintah Daerah.

LPB yang merupakan sarana pembinaan serta pendampingan bagi petani dan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bertujuan untuk pengembangan ekonomi masyarakat melalui penciptaan usaha-usaha baru dan UMKM. Dalam sambutan Kadis Perindakop menyampaikan terima kasih dan rasa syukur kepada Manajemen TOP, PAMA serta YDBA yang telah melakukan bentuk nyata pemperhatikan masalah kesejahteraan sosial masyarakat Buhut Jaya dengan didirikannya LPB.

Disela acara ramah tamah Camat Kapuas Tengah Drs. Jaya, M.Si menyampaikan rasa syukur atas berdirinya LPB ini, menurut beliau pemberdayaan masyarakat seperti ini merupakan suatu wujud nyata dimana program-program yang akan dilakukan sejalan dengan Visi Kabupaten Kapuas yaitu : “Bersama membangun ekonomi kerakyatan berbasis pada agribisnis dan agroindrustri menuju Kapuas yang amanah (aman, maju, sejahtera dan tangguh) “.

 
© Copyright 2008 your blog name . All rights reserved | your blog name is proudly powered by Blogger.com | Template by Template 4 u and Blogspot tutorial